Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Oknum Anggota TNI AD Di Medan Di Duga Jadi "Beking" Galian C Di Deli Serdang Penyebab Jalan Rusak Dan Berdebu

Selasa, 03 September 2024 | September 03, 2024 WIB Last Updated 2024-09-03T05:35:50Z
Keterangan Foto; Foto Ilustrasi TNI Oknum Anggota TNI AD

Deli Serdang] Oknum Anggota TNI AD berinisial IFG berdinas di LEMMASMIL Kota Medan di duga kuat menjadi "beking" Aktifitas galian C selama bertahun-tahun lamanya,Galian C itu diketahui beroperasi di Desa Durin Tonggal Kecamatan Pancur Batu,Kabupaten Deli serdang.


Akibat membekingi galian Pasir dan Tanah Uruk itu,IFG Diduga kerap jarang berdinas bak Intel yang tengah bekerja diluar kantor.


Investigasi yang dilakukan beberapa wartawan pada Jumat(30/8/24) sore dikawasan Galian tersebut, aktifitas Galian C berupa pasir dan Tanah uruk tampak beroperasi dengan dua alat berat Beko dan puluhan Dumptruk berisikan pasir dan tanah terlihat keluar-masuk galian C yang disebut-sebut telah mengantongi ijin itu,sempat di Grebek oleh Dirreskrimsus Polda Sumut pada Februari 2024 lalu.


"Bulan 2 kemaren kan dah digrebek Polda Sumut itu setahu kami Bang,cuma ngak tau kelanjutannya seperti apa,ini udah beroperasi lagi," Beber seorang warga dikawasan Galian C ilegal tersebut.


Aktifitas galian C Ilegal dengan puluhan dumptruk yang lalu-lalang keluar masuk sempat mendapat protes warga sekitar karena dituding menjadi biang banyaknya debu dijalanan pada saat musim kemarau.


Sebaliknya,pada saat curah hujan,puluhan Dumptruk bermuatan Pasir dan Tanah dengan melebihi Tonase muatan itu disinyalir menjadi penyebab Rusaknya Jalan Namorambe-Delitua hingga membuat sejumlah warga dan pengendara was-was pada saat tengah melintas.


"Banyak jalan sompel itu bang kalau hujan,sungainya airnya kuning butek,kalau lagi musim panas ya Debunya ya beserak lah dijalan masuk ke paru-paru,masuk ke Mata," Tambah warga lainnya.


Warga dikawasan Galian C tersebut pun mendesak pihak Kepolisian baik dari Polrestabes Medan maupun Dirreskrimsus Polda Sumut untuk segera melakukan penindakan dan menutup aktifitas galian C ilegal di Desa Mereka.


Menyoal hal itu Awak Media ini telah berupaya mengonfirmasi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak pada selasa(3/9/24) siang melalui pesan singkat Whatsaap,namun upaya konfirmasi yang dilakukan terhadap menantu Menteri Luhut Binsar Panjaitan itu belum mendapatkan balasan.(Tim)